Jumat, 11 Mei 2012

“ Apa yang anda katakan ,itulah yang anda dapatkan “


Sering kali kita mendengar ungkapan “ Apa yang anda lihat ,itulah yang anda dapatkan “.
 Dalam bahasa komputer disebut  WYSIWYG  yang merupakan singkatan dari “ what you see is what you get “. 

Hari ini kita akan membahas gagasan tentang :  Apa yang  anda katakan,itulah yang anda dapatkan “.
Topik yang dibahas adalah tentang berbicara secara positif sebagai lawan berbicara yang negatif.
Saya yakin ada banyak orang yang mengetahui bahwa gagasan ini sudah tertulis di dalam alkitab.

Dalam kitab ayub 22 : 28, “ Apabila engkau memutuskan berbuat sesuatu , maka akan tercapai maksudmu”.
Dan dalam kitab  amsal 23 : 7 , “Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri, demikianlah ia.

Memang betul, semua hal yang kita bicarakan  cenderung menjadi kenyataan di sekitar kita. Sebagai contoh, suatu saat ada seseorang mengendarai mobil di depan anda dan tiba- tiba seseorang berbelok tajam, atau ada orang yang memutuskan pembicaraan telepon dengan anda, cobalah mengungkapkan “ wah, bukan main!”, dan bukannya berkata,” dasar brengsek....”Hei, saya tidak bermaksud mengatakanbegitu. 

Bila anda mencoba melakukan eksperimen ini, perhatikan bagaimana perasaan anda setelah mengucapkannya. Bila kita menyatakan kemarahan, secara emosional hal itu akan menimbulkan suatu perasaan negatif. Tapi bila menyatakan kekaguman, hal itu akan menimbulkan perasaan yang berbeda pada diri kita.



Pernahkah anda di antara orang – orang yang selalu mengeluh? Tahukah andang – orang yang selalu mengeluh? Tahukah anda bagaimana muramnya seluruh hidup mereka? Mungkinkah itu disebabkan karenamereka selalu mengucapkan keluhan? Saya yakin, setidak-tidaknya hampir semua dari kitasetuju bahwa cara anda mengatakan sesuatu berpengaruhbesar pada sikap anda, walaupun anda tidak percaya bahwa kita sebenarnya menciptakan apa yang kita katakan.

Jadi, bagaimana kita bisa mengubah pembicaraan kita? Masalah bisa diubah  menjadi tantangan ,asal benar-benar dikerjakan sehingga dapat menjadi hal yang menarik dan mengagumkan

Ketika seseorang menanyakan kabar anda di saat hidung anda sedang mengeluarkan banyak ingus dan bersin- bersin, anda bisa mengatakan, “saya sedang flu”, atau anda bisa mengatakan,”ini hanya alergi, sebentar lagi akan hilang”.
 

Kita mendengar perkataan berikut di tempat praktik dokter gigi,’’ Oke, anda akan merasakan cubitan kecil saja”, dokter gigi yang baik telah mempelajari hal ini; 

kata- kata yang memberi rasa aman, lebih baik dibanding “ oke, bersiaplah, saya akan mencabut gigi anda sekarang!” 

Jadi, gagasan seseorang optimis melihat gelas setengah penuh dan orang pesimis melihatnya setengah kosong, dapat menerangkan lebih banyak daripada yang kita duga. Apa yang anda katakan setiap hari, itulah yang menciptakan dunia  di sekitar anda.

Satu hal yang saya ingin tanyakan kepada sahabat- sahabat saya kalau mereka mengucapkan kata-kata  ” Aduh, Bulan ini saya sedang sial”atau suatu pernyataan negatif lainnya adalah pernyataan berikut: “ Apakah itu yang anda inginkan?” coba lakukan eksperimen kecilini. 

Tanyakan kepada diri anda pernyataan yang sama sepanjang hari ( Apakah itu yang anda harapkan?) saat anda mulai menyatakan pernyataan negatif. 

Camkan itu hari ini dan dengarkan apa yang orang lain katakan sepanjang hari itu. Cara ini akan menjadi pencerahan bagi anda

Cukup sekian dari saya , Terima kasih.......

(sumber : " gagasan sederhana untuk mencapai kebahagiaan yang luar biasa " )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar